Tentang

Pusat Studi Pesantren (PSP) adalah lembaga nirlaba yang diniatkan untuk menjadi wadah bagi proses pengkajian dunia kepesantrenan dan pengembangan pemikiran Islam secara umum, serta wadah bagi jejaring pesantren yang mengembangkan wawasan yang lebih moderat dan terbuka.

Secara umum, PSP juga diorientasikan untuk menjadi jembatan penghubung antara dunia pesantren dan dunia di luarnya, sekaligus menjadi media yang memfasilitasi proses dialog dan pencerahan untuk mengeliminir mispersepsi dan misinterpretasi publik terhadap dunia pesantren. 

Mengacu pada peran strategis pesantren, maka Pusat Studi Pesantren (PSP) mengembangkan transformasi demokratik melalui dunia pesantren. Transformasi ini merujuk pada pembentukan masyarakat demokratis yang menghargai kemajemukan, kewarganegaraan, dan nilai-nilai Islam rahmatan lil ‘alamin.  

Terdapat empat agenda yang diperjuangkan oleh PSP untuk mencapai masyarakat demokratik tersebut yaitu: 

Pusat Studi Pesantren juga telah memulai menjembatani kalangan santri untuk turut mengisi ruang publik melalui publikasi karya-karya santri melalui suarapesantren.net. Media ini adalah bagian dari upaya untuk menyuarakan moderatisme berbasis pesantren.  

Nama Organisasi ini bernama Pusat Studi Pesantren disingkat PSP dan dalam bahasa Inggris disebut Center for Pesantren Studies disingkat CPS. Pusat Studi Pesantren didirikan pada tanggal 21 September 2007 bertempat di Bogor. 

Visi Pusat Studi Pesantren atau Center for Pesantren Studies atau bertujuan untuk melanjutkan dan mengembangkan prinsip-prinsip perjuangan dan kiprah KH. Tubagus Muhammad Falak, pendiri dan pemimpin pesantren Al-Falak Pagentongan, pejuang dan Mursyid Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah yang telah berkiprah di ranah pendidikan, sosial, kemanusiaan, politik kebangsaan dan keagamaan serta mewujudkan dan mengembangkan tingkah laku dan cara pandang keagamaan berdasarkan faham Ahlussunah wal Jamaah.

Misi Pusat Studi Pesantren atau Center for Pesantren Studies mengemban komitmen melakukan penelitian interdisipliner yang berkaitan dengan pesantren, Islam dan demokrasi. Center for Pesantren Studies atau Pusat Studi Pesantren juga berupaya mewujudkan dan mengembangkan pelbagai aktifitas positif dan transformatif, khususnya dalam upaya menyebarkan gagasan dan pandangan mencerahkan, moderat, ramah, toleran, inklusif dan modern.   

Tujuan Pusat Studi Pesantren, sebagai sarana komunikasi dan menumbuhkan ukhuwah diantara umat Islam, khususnya di kalangan masyarakat pesantren di Indonesia.  Untuk menumbuhkan dan menyosialisasikan pandangan dan sikap-sikap serta misi Islam yang mencerahkan, moderat, ramah, toleran, inklusif dan modern di kalangan masyarakat.   Menumbuhkembangkan nilai-nilai perdamaian antar sesama umat manusia. 

Kegiatan dan Program, untuk mewujudkan visi, misi, tujuan, dan fungsi di atas, Pusat Studi Pesantren atau Center For Pesantren Studies melaksanakan berbagai usaha yang halal dan sah dengan mengikutsertakan secara aktif organisasi yang berbasis keagamaan, antara lain:

Kampanye Islam, Perdamaian, Kemanusiaan dan Demokrasi, Pusat Studi Pesantren atau Center For Pesantren Studies memfasilitasi komunikasi dan kerjasama antara bangsa, budaya, agama yang memiliki perhatian dan minat terhadap perkembangan Islam dan masyarakat Muslim, khususnya perkembangan pesantren di Indonesia. Di samping itu mendukung kampanye Islam moderat dan inklusif yang cinta perdamaian.   

Diskusi, Workshop dan Seminar, Pusat Studi Pesantren atau Center For Pesantren Studies menyelenggarakan diskusi, workshop dan seminar yang berkaitan dengan isu-isu Islam, kemanusiaan, perdamaian dan demokrasi.

Penerbitan dan Perpustakaan, Pusat Studi Pesantren atau Center For Pesantren Studies mendorong tersosialisasi dan terpublikasikannya gagasan-gagasan yang lahir dari kalangan masyarakat pesantren yang sarat dengan prinsip, tingkah laku dan cara pandang toleran, inklusif, moderat dan aktif melakukan tindakan nyata yang bermanfaat bagi umat.   

Membangun Database Pesantren di Indonesia,  Center for Pesantren Studies atau Pusat Studi Pesantren melakukan kegiatan inventarisasi dan pendataan pesantren di Indonesia serta memperoleh deskripsi mengenai gerakan masyarakat sipil di Indonesia berbasis pesantren. Berbagai infomasi tersebut dikumpulkan dan disusun menjadi database yang komprehensif.   

Pendidikan dan Pelatihan, Memberi kesempatan kepada generasi muda kaum santri untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan dalam upaya mengembangkan kapasitas diri dan pemikiran serta pandangan ke-islaman yang inklusif, ramah dan cinta perdamaian. Di samping itu kesempatan tersebut terbuka untuk kalangan lintas kultural, lintas bangsa dan lintas agama yang memiliki pengetahuan cukup mengenai Islam untuk mengikuti kegiatan tersebut.